Resume Kuliah

30 08 2011

Consumer Behaviour Class (Kelas Perilaku Konsumen) Tuesday Afternoon Department of Family and Consumer Science-College of Human Ecology-Bogor Agricultural University
Lecturer :
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc.
Session 1 : http://www.ujangsumarwan.blog.ipb.ac.id

Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen
Oleh : Anggita Widasari, Mayor Science Communication and Community Development
College of Human Ecology

Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen.
Kebutuhan yang dirasakan (felt needs) dibedakan menjadi 2 :
1. Kebutuhan Utilitarian (Utilitarian Needs), kebutuhan yang didasarkan karena manfaat fungsional.
2. Kebutuhan Ekspesive atau Hedonik, kebutuhan yang bersifat psikologis.
Untuk memenuhi kebutuhannya, seorang konsumen harus memiliki tujuan akan tindakannya.
Tujuan ada karena adanya kebutuhan.

Dr. Abraham Maslow adalah seorang psikolog klinis yang memperkenalkan teori kebutuhan berjenjang yang dikenal sebagai Teori Maslow atau Hirarki Kebutuhan Manusia. Berikut model Hirarki Kebutuhan Maslow dilihat dari tingkat paling dasar :
1. Kebutuhan Fisiologis (Physiological Needs)
2. Kebutuhan Rasa Aman (Safety Needs)
3. Kebutuhan Sosial (Social Needs atau Belonginess Needs)
4. Kebutuhan Ego (Egoistic atau Esteem Needs)
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri (Need for Self-Actualization)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: